Tugas Media Menggunakan GeoGebra

Math Education & Life

Bagaimana Cara Menghitung Luas Mahkota pada Tanaman ?

Menggunakan GeoGebra :

Sebelum kita membahas cara menghitung luas Mahkota pada tanaman, perhatikanlah gambar dibawah ini dengan seksama:

Setelah diperhatikan gambar diatas pada mahkotanya membentuk gambar setengah lingkaran, nah jadi kita harus mengingat kembali lagi Rumus Luas Lingkaran, yaitu ;
A = π R 2 Perhatikan gambar dibawah yang sudah digambar membentuk setengah lingkaran :

Sekarang kita Mencari Luas Setengah Lingkaran
Untuk mencari luas setengah lingkaran, carilah luas dari lingkaran penuh tersebut, lalu bagi dua hasilnya. Lihatlah Gambar dibawah ini untuk mengetahui cara cepat mencari luas setengah lingkaran.

  1. Carilah jari-jari setengah lingkaran
  2. Nilai jari-jari diperlukan untuk mencari luas setengah lingkaran. Katakanlah jari-jari setengah lingkaran adalah 5 cm.
    1. Jika yang diketahui hanyalah diameter lingkaran, bagi dua untuk mendapatkan nilai jari-jari. Misalnya diameter lingkaran adalah 10 cm, maka 10 dibagi 2 (10/2) adalah 5 cm untuk jari-jari.
  3. Carilah Luas Lingkaran penuh lalu bagi dengan dua.
  4. Rumus untuk mencari luas lingkaran penuh yaitu π r 2 , diketahui bahwa "r" adalah jari-jari lingkaran. Karena tujuan kita adalah mencari luas setengah lingkaran, maka hasil yang didapatkan setelah menggunakan rumus dibagi dengan dua. Jadi, rumus luas setengah lingkaran adalah π r 2 2 . Sekarang masukkan "5 cm" ke dalam rumus. Kita bisa menggunakan pendekatan terdekat untuk π dengan kalkulator, mengganti π dengan 3,14, atau cukup biarkan π . Berikut ini cara melakukannya:
    1. Luas = π r 2 2
    2. Luas = ( π x 5 cm x 5 cm 2 )
    3. Luas = ( π x 25 cm 2 2 )
    4. Luas = ( 3 ,14 x 25 cm 2 2 )
    5. Luas = 39,25 cm 2
  5. Ingat untuk selalu menyatakan jawaban dalam satuan persegi
  6. Karena yang dicari adalah luas dari sebuah bentuk, yang digunakan dalam jawaban adalah satuan persegi (misalnya c m 2 ) untuk menunjukkan objek dua dimensi. Jika yang dihitung volume, gunakan satuan kubik (misalnya c m 3 ).

Comments

Popular posts from this blog

30th Day and Epilogue

Langkah-langkah Membuat Persegi ABCD